1. Tujuan
Pada
praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing
menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian
dilanjut pada kegiatan compositing di AE.
2. Alat
Maxon
Cinema 4D R16
Adobe
After Effects CC 2015
3. Bahan
4. Dasar Teori
·
Camera Depth
Rentang
lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.
·
Multi Pass Rendering
Multipass
render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan
telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum.
Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering,
yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol
yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan
gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi
rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan
rincian kecil atau melakukan perubahan.
·
Depth of Field
Dalam
optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field
(DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak
antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima
tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada
suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus,
sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan
normal.
·
Compositing
Compositing
adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar
tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari
adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai
disebut "chroma key", "blue screen", "layar
hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua,
compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing
pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir
abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.
5. Tugas Praktikum
Pada
animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
a. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan
depth
b. Import masing-masing image sequences ke AE.
c. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur
6. Hasil Praktikum
a. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan
depth
b. Import masing-masing image sequences ke AE.
c. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur
7. Kesimpulan
Dengan
adanya praktikum Animasi 3D logo favorit menggunakan Cinema 4D dan Adobe After Effect membuat saya
lebih paham cara dasar membuat animasi 3D. Kesulitan yang saya rasakan saat
membuat logo ini saat mengatur Depth sebelum melakukan Multi Pass Rendering.
Dan saya tidak bisa menyelesaikan hingga meng implementasikan DOF pada AE
dikarenakan waktu yang tidak mencukupi. Kesalahan yang masih terjadi ini akan
segera saya perbaiki agar bisa lebih baik untuk praktikum selanjutnya.
8. Referensi
0 komentar:
Posting Komentar