1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia
3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn
table animation.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
4. Dasar
Teori
Animasi 2D
Animasi jenis ini juga
biasa disebut dengan film kartun. Kartun sediri berasal dari kata Cartoon, yang
artinta gambar yang lucu. Contohnya adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry,
Doraemon, dan lain sebagainya.
Animasi 3D
Animasi 3d adalah
pengembang dari animasi 2d. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan
semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Contohnya Toy Story,
Monster Inc, Finding Nemo, The Incredible, hingga Final Fantasy.disini kita
bisa melihat perbedaan visual jika dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya
itu biasa juga disebut dengan animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).
Sedangkan untuk
model animasi 2D, animasi dibuat dengan menggunakan beberapa gambar yang
memiliki layer terpisah yang berarti tanpa menggunakan rangka virtual. Kemudian
anggota badan, mata, mulut dan sebagainya dari objek tersebut dibuat seolah –
olah bergerak oleh animator dengan menggunakan ”key frame” secara terus menerus
atau frame by frame. Proses tersebut disebut sebagai proses ‘tweening motion”
atau “morphing”. Contoh aplikasi untuk melakukan hal tersebut adalah Macromedia
Flash.
Tracing
Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud
menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang
dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar,
adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari
bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa
aplikasi. Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X
ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe
Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di
programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik.
Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis
atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna,
dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran
berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain AI
(Adobe Illustrator, FH (Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows
Meta File), EPS (Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan
lain sebagainya.
Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
5. Tugas
Praktikum
Buatlah animasi 360 dari
logo favorit kalian
6. Hasil
Praktikum
Berikut hasil yang saya lakukan.
7. Kesimpulan
Dengan adanya praktikum membuat
animasi 360 dari logo favorit menggunakan Cinema 4D membuat saya lebih paham
cara dasar membuat animasi 3D dan dalam membuat animasi 3D membutuhkan beberapa
langkah dari aplikasi yang berbeda. Kesulitan yang saya rasakan saat membuat logo tersebut memutar 360 derajat. Namun berbagai cara saya lakukan mulai dari mempelajari modul yang diberikan hingga tanya ke yang lebih ahli sehingga kesulitan tersebut bisa diatasi saat praktikum.
8. Referensi
0 komentar:
Posting Komentar