Selasa, 22 Maret 2016

Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

1.     Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2.     Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3.     Bahan

4.     Dasar Teori
Fungsi Secondary Assets
Secondary Assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.

Fungsi F-Curves
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.

5.     Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
A.      Tambahkan secondary Assets
B.      Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
C.     Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6.     Petunjuk Praktikum
A.      Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path

B.      Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)

C.     Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves


7.     Kesimpulan
Dengan adanya praktikum Animasi 3D logo favorit menggunakan Cinema 4D membuat saya lebih paham cara dasar membuat animasi 3D. Kesulitan yang saya rasakan saat membuat logo ini saat mengatur secondary assets saat padupadankan dengan helix. Namun berbagai cara saya lakukan mulai dari mempelajari modul yang diberikan hingga tanya ke yang lebih ahli sehingga kesulitan tersebut bisa diatasi saat praktikum. Sayangnya, waktu yang tidak memadai membuat saya tidak bisa menyelesaikan hingga langkah akhir yaitu memperhalus menggunakan F-Curve.

8.     Referensi

0 komentar:

Posting Komentar