1.
Tujuan
Pada
praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi
3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement
diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2.
Alat
Adobe
Illustrator CC
Maxon
Cinema 4D R16
3.
Bahan
4.
Dasar
Teori
Fungsi Secondary Assets
Secondary Assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
Fungsi F-Curves
F-Curve
Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen,
termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key
frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve
Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame,
sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang
dianimasikan.
5.
Tugas
Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat
sebelumnya, lakukan hal berikut:
A.
Tambahkan
secondary Assets
B.
Tambahkan
kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
C.
Haluskan
gerakannya menggunakan F-Curves
6.
Petunjuk
Praktikum
A.
Menambahkan secondary
assets menggunakan cloner dan helix path
B.
Menambahkan
kompleksitas gerakan assets utama (logo)
C.
Memperhalus
gerakan menggunakan F-Curves
7.
Kesimpulan
Dengan
adanya praktikum Animasi 3D logo favorit menggunakan Cinema 4D membuat saya
lebih paham cara dasar membuat animasi 3D. Kesulitan yang saya rasakan saat
membuat logo ini saat mengatur secondary assets saat padupadankan dengan helix. Namun berbagai cara saya lakukan mulai dari mempelajari
modul yang diberikan hingga tanya ke yang lebih ahli sehingga kesulitan
tersebut bisa diatasi saat praktikum. Sayangnya, waktu yang tidak memadai membuat saya tidak bisa menyelesaikan hingga langkah akhir yaitu memperhalus menggunakan F-Curve.
8.
Referensi
0 komentar:
Posting Komentar