1. Tujuan
Pada
praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi
3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan
menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe
Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
4. Dasar Teori
Perbedaan Motion Guide pada Flash dengan Camera Path
Motion guide adalah
salah satu fasilitas dari flash yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang
kita buat. Fasilitas ini merupakan lanjutan dari motion tween. Fasilitas ini
sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam
pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan. Sedangkan Camera
Path memiliki fungsi untuk menggeser kamera. Terdapat dua jenis
camera path, yaitu Track XY Camera dan Track Z Camera. Track XY Camera
berfungsi menggeser titik kamera pada bidang XY ke kiri, kanan, atas, bawah.
Track Z Camera berfungsi menggeser titik kamera menjauhi atau mendekati ke
objek.
Physical Sky dan Area Light
Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat mudah hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan. Sedangkan area light adalah teknik pemberian cahaya pada objek yang sedang dikerjakan sesuai dengan area yang dipilih. Lebih mudahnya lagi, kita hanya mengatur waktu yang kita inginkan, maka sistem akan langsung menyuguhkan background sesuai dengan keadaan waktu itu tersebut.
Material pada Cinema 4d
Material pada cinema 4D adalah teknik pemberian warna pada objek. Sebagai contoh penggunaanya adalah ketika pada praktikum ini saya akan memberikan warna pada logo atau objek yang saya buat dengan memasukkan beberapa unsur elemen yang ada pada material ini.
Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat mudah hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan. Sedangkan area light adalah teknik pemberian cahaya pada objek yang sedang dikerjakan sesuai dengan area yang dipilih. Lebih mudahnya lagi, kita hanya mengatur waktu yang kita inginkan, maka sistem akan langsung menyuguhkan background sesuai dengan keadaan waktu itu tersebut.
Material pada Cinema 4d
Material pada cinema 4D adalah teknik pemberian warna pada objek. Sebagai contoh penggunaanya adalah ketika pada praktikum ini saya akan memberikan warna pada logo atau objek yang saya buat dengan memasukkan beberapa unsur elemen yang ada pada material ini.
5. Tugas Praktikum
Pada
animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
1.
Pergerakan
kamera menggunakan teknik camera path
2.
Lighting
sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Hasil Praktikum
1. Pergerakan menggunakan Camera Path
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
4. Menambahkan Material
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
4. Menambahkan Material
7. Kesimpulan
Dengan adanya praktikum Animasi 3D logo favorit menggunakan Cinema 4D membuat saya lebih paham cara dasar membuat animasi 3D. Kesulitan yang saya rasakan saat membuat logo ini saat mengatur hasil yang ditampilkan pada camera dan mengatur pergerakan kamera. Namun berbagai cara saya lakukan mulai dari mempelajari modul yang diberikan hingga tanya ke yang lebih ahli sehingga kesulitan tersebut bisa diatasi saat praktikum.
8. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
Moh. Hasbi Assidiqi, "Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material"
Moh. Hasbi Assidiqi, "Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material"
0 komentar:
Posting Komentar