1. Tujuan
Praktikum
ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada
pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D
Text dan Capsule.
2. Alat
Adobe
Illustrator CC
Cinema
4D R16
3. Bahan
Text
“Reza Rahman”
4. Dasar Teori
NURBS modeling
NURBS
adalah teknik pemodelan yang digunakan paling banyak untuk pemodelan otomotif
dan industri. Berbeda dengan geometri poligonal, kotak NURBS tidak memiliki
wajah, tepi, atau simpul. Sebaliknya, NURBS model terdiri dari permukaan dibuat
oleh permukaan halus.
NURBS
Curves diciptakan dengan alat yang bekerja sangat mirip dengan pen tool di MS
cat atau Adobe Illustrator. Kurva digambar dalam ruang 3D, dan diedit dengan
menggerakkan serangkaian yang disebut CV
(kontrol simpul). Untuk model permukaan NURBS, artis menempatkan kurva di
sepanjang kontur menonjol, dan perangkat lunak secara otomatis interpolates
ruang yang diantaranya.
Cara kerja Sweep di Cinema 4D
Sapuan
NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek
seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut
dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar
dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
Bump map pada material setting
Bump
map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang
terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk
kedalam.
5. Tugas Praktikum
Tirukan
petunjuk praktikum yang diberikan !
6. Hasil Praktikum
1. Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
1. Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
2. Membuat material yang bersifat Glossy
7. Kesimpulan
Dengan
adanya praktikum untuk membuat Asset Utama Animasi 3D menggunakan Cinema 4D membuat
saya tahu step-step apa saja yang harus saya lakukan untuk menambahkan aksen
pada text 3D. Kesulitan yang saya rasakan disepanjangan saya menyelesaikan praktikum
ini yaitu saat mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh Dosen, disitu
kadang saya merasa bingung jika hasil yang saya lakukan tidak sesuai dengan apa
yang dicontohkan. Kesalahan yang terjadi ini akan segera saya perbaiki agar
bisa lebih baik untuk praktikum selanjutnya.
8. Referensi
Lynda.com, “Motion Graphics Techniques: Creating a
Sports Bumper”
0 komentar:
Posting Komentar